Dubes Belanda Soroti Pengguna Air Tanah di Jakarta: Tidak Harus Bebas Dubes Belanda untuk Indonesia

Lambertus Christiaan Grijns menyoroti pemanfaatan air tanah di Jakarta. Inilah salah satu penyebab Jakarta perlahan tenggelam,” kata Lambert dalam diskusi yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa 23/11/2021. 

Dia kemudian menjawab pertanyaan dari masyarakat tentang banjir. di Jakarta dan solusinya. Lambert mengaku setuju dengan kebijakan pemerintah yang melarang warga Jakarta mengambil air tanah. Tapi airnya jangan rasis,” ujarnya.

Lambert mengatakan tidak mudah untuk mengubah kebiasaan orang-orang yang telah menggunakan air tanah secara gratis selama beberapa dekade, tetapi percaya bahwa kebiasaan itu perlu diubah secara perlahan untuk melindungi alam dari bahaya. 

“Ke depan, kita harus melihat bahwa alam bukanlah sesuatu yang bisa kita konsumsi. Kita harus membayar untuk mendapatkan nilai yang diberikan alam kepada kita,” ujarnya. Selain penggunaan air tanah, dia menilai penyebab lain banjir di Jakarta adalah luapan air dari dataran tinggi dan pengelolaan sungai yang optimal.

 Hal ini sudah terjadi sejak lama dan membutuhkan solusi holistik untuk memperbaikinya. (Pemprov) DKI Jakarta juga diminta menyediakan sumber air minum.

 “Harus ada pasokan air yang cukup dulu di Jakarta, baru regulasi, agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa berhenti menggunakan air tanah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (5/5). /10) ./ 2021).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Agan Rudy
baru saja membeli Akun Twitter Lawas 1 hour ago   Completed by Toko Anda