Baru Melirik iPhone, Kenali Perbedaan iPhone 11, XR, dan XS

Jakarta iPhone memiliki tempat yang spesial di para pengguna smartphone, bukan hanya di dunia tapi juga di Indonesia. Desain ponsel, fitur dan teknologi serta strategi pemasaran yang inovatif dari Apple membuat iPhone memiliki branding yang eksklusif dan premium. Bahkan sanggup membuat pamor seseorang bisa naik kelas berkat iPhone dalam genggaman tangan. Layaknya seperti pakaian mahal, perhiasan dan jam tangan mewah.

Gak heran kalau pengguna iPhone sulit berpindah ke lain merek, malahan tidak sedikit pengguna smartphone android meliriknya dan kemudian berganti memakai iPhone sebagai ponsel andalan. Sejak generasi iPhone awal diluncurkan pertama kali oleh Steve Jobs pada tahun 2007 lalu, sampai sekarang seri terbaru adalah iPhone 13.

Sponsored

Untuk kamu yang baru melirik dan ingin berpindah ke iPhone tentu perlu banyak pertimbangan bila membeli iPhone 13, mengingat harganya yang tergolong premium. Namun jangan khawatir, untuk masuk ke bagian keluarga iPhone kamu bisa memilih seri sebelumnya seperti iPhone 11, XR, dan XS yang harganya lebih terjangkau, di bawah Rp 10 juta saja.

Lebih lanjut, kenali perbedaan dari iPhone 11, XR, dan XS sebelum menentukan seri iPhone yang ingin kamu beli.

Kemunculan seri terbaru seperti iPhone 13 dan rencana rilis iPhone 14 pastinya memengaruhi harga iPhone model terdahulu. Sehingga ini waktu yang tepat untuk mulai masuk jajaran pengguna iPhone, salah satu iPhone 11 .

iPhone 11 pertama kali meluncur di Indonesia pada Desember 2019. Smartphone ini diperkenalkan bersama iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Meski usianya sudah sekitar tiga tahun, performa smartphone ini disebut masih bisa diandalkan karena mengusung chipset A13 bionic yang dipasangkan dengan RAM 4GB.

Sponsored


Spesifikasi iPhone 11 mengusung layar Liquid Retina IPS dengan ukuran 6,1 inci dan resolusi HD. Meski hanya layar IPS, tapi ponsel ini telah memiliki peningkatan ketahanan air dan debu dengan sertifikasi IP68.

Dari sisi kamera, iPhone 11 hadir dengan dua kamera belakang berjenis wide dan ultra wide. Keduanya sama-sama beresolusi 12MP. Selain itu, terdapat juga Modus Malam atau Night Mode yang bisa menghasilkan foto yang baik meski keadaan minim cahaya.

Untuk kamera depan, Apple menyematkan lensa 12 MP TrueDepth di iPhone 11. Kelebihannya adalah jika pengguna melakukan selfie secara horizontal, lensa kamera depannya akan otomatis membesar.

iPhone 11 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dari pendahulunya (iPhone XR) karena dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3.110mAh. Apple mengklaim satu jam lebih lama untuk durasi pemutaran video hingga 17 jam pada iPhone 11.

Di kategori memori internal, iPhone 11 akan hadir dengan varia 64/256/512GB. iPhone 11 tersedia dalam 6 pilihan warna yakni Black, Green, Yellow, Purple, Red dan White.

Sponsored

iPhone XS merupakan penerus dari iPhone X. Ponsel ini mengusung bentang layar 5,8 inci yang sudah dibekali dengan panel OLED. Karena didukung refresh rate 120Hz, layar sentuh iPhone XS terasa lebih responsif ketimbang iPhone X. Meskipun secara desain tidak berbeda dengan pendahulunya, tapi iPhone XS mengusung material stainless steel dengan bezel silver yang menyelimuti pinggiran bodi. Ponsel ini memiliki peningkatan ketahanan air dan debu IP68 yang berada di atas IP67.

Spesifikasi iPhone XS dari dapur pacunya didukung Chipset 'Bionic' Apple A12: CPU Enam Inti, GPU Four-core, koprosesor gerak M12, RAM 4GB. iPhone XS memiliki pengisian nirkabel "lebih cepat" dari iPhone X serta jaringan 4G yang jauh lebih cepat dengan lompatan dari Cat 12 ke Cat 16 LTE dan dukungan pita 600MHz.

Sponsored


Selain lensa enam potong baru, ada satu peningkatan besar di iPhone XS di sektor kamera. Kamera belakang utama iPhone XS berukuran 12MP, aperture f/1.8, ukuran piksel 1,4µm, Optical Image stabilization (OIS), flash True Tone Quad-LED, Pencahayaan Potret. Lalu, Lensa telefoto sekunder berukuran 12MP, bukaan f/2.4, ukuran piksel 1,0µm, OIS, zoom optik 2x, serta kamera depan 'TrueDepth' berukuran 7MP, bukaan f/2.2.

iPhone XS hadir dalam tiga varian kapasitas internal, mulai dari 64GB, 256GB, dan 512GB. Ia juga hadir dengan fitur Dual SIM, sim kedua bukan fisik melainkan eSIM. Dari varian warna, iPhone XS tersedia warna space grey, silver dan gold.

iPhone XR membawa perbedaan signifikan dibandingkan iPhone X. Smartphone ini memiliki bentang layar sedikit lebih besar ketimbang XS, yakni 6,1 inci. Uniknya, desain iPhone XR tetap identik dengan iPhone XS dan XS Max, tetapi tidak untuk materialnya, ia hanya dibalut material aluminium, yang diklaim berasal dari material kelas aerospace. iPhone XR juga hadir dengan fitur tahan air dan debu bersertifikasi IP67.

Sponsored


Jika iPhone XS hadir dengan fitur 3D Touch, iPhone XR justru tidak mengadopsinya. Sebagai ganti, smartphone ini dilengkapi dengan fitur Haptic Touch, yakni fitur yang hadir pada trackpad MacBook Pro.

Untuk dapur pacu, spesifikasi iPhone XR dipersenjatai dengan prosesor yang sama dengan iPhone XS dan XS Max, yakni A12 Bionic berteknologi Neural Engine generasi terbaru. iPhone XR hadir dalam tiga varian kapasitas internal, mulai dari 64GB, 128GB, dan 256GB. Ia juga hadir dengan fitur Dual SIM.

Sementara untuk sektor kamera, iPhone XR hanya mengusung satu kamera utama, bukan kamera ganda seperti iPhone XS. Lensa kamera utamanya memiliki resolusi 12MP dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan sensor terbaru. Meski cuma satu kamera utama, iPhone XR mampu melakukan fitur Portrait Mode, Smart HDR, hingga Advanced Bokeh. seperti yang ada di iPhone XS.

Sponsored


Secara daya, performa daya iPhone XR ternyata lebih lama ketimbang iPhone XS. Baterai iPhone XS mampu bertahan hingga 13,5 jam, iPhone XR justru mampu memiliki performa daya yang lebih lama, yakni bertahan hingga 15 jam dalam satu hari pemakaian normal. Dari pilihan warna iPhone XR paling menonjol karena tersedia banyak warna mulai dari blue, yellow, red, black, white, dan coral.

Itulah sejumlah perbedaan spesifikasi iPhone 11, XS, dan XR. Selanjutnya pilihan ada di tangan kamu, apakah iPhone 11 dengan chipset A13 Bionic atau iPhone XS dan XR yang pakai A12 Bionic dan spesifikasi lainnya. Untuk spesifikasi lebih lengkap dan harga terkini ketiga seri iPhone tersebut bisa kamu lihat di Tokopedia yang selalu menyediakan berbagai promo, cashback menarik dan bebas ongkir.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Agan Rudy
baru saja membeli Akun Twitter Lawas 1 hour ago   Completed by Toko Anda