Cara Membersihkan Laptop, Lakukan Secara Berkala

Cara membersihkan laptop penting diketahui bagi semua pemiliknya. Laptop merupakan perangkat penting bagi banyak orang. Karena sering digunakan dan sifatnya bisa dibawa kemana-mana, laptop sangat rentan kotor. 

Seperti komputer lainnya, laptop adalah magnet debu dan kotoran. Ini sebabnya, penting melakukan cara membersihkan laptop. Dalam cara membersihkan laptop, kamu harus membersihkan keyboard, speaker, layar, dan casing.

Cara membersihkan laptop harus dilakukan secara berkala. Mulai dari debu, noda kopi, minyak dari ujung jari, partikel makanan, dan kotoran lainnya bisa dibersihkan secara menyeluruh.

Cara membersihkan laptop juga tidak boleh sembarangan. Diperlukan alat khusus yang akan menjaga fungsi laptop. Dalam cara membersihkan laptop ada juga yang harus dihindari. Berikut cara membersihkan laptop yang benar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai Howtogeek dan Techwalla, Jumat(24/6/2022).

Sponsored


Mulailah dengan kain mikrofiber kering. Gunakan kain ini untuk menyeka keyboard sebelum melakukan pembersihan yang lebih mendetail. Ini akan mengambil sebagian besar debu sehingga kamu dapat fokus pada kotoran.

Semprot dengan semprotan angin tekanan tinggi atau Compressed Air Duster. Seperti kain mikrofiber, semprotan ini dapat menghilangkan debu dari keyboard. Jika tidak memilikinya, kipas kecil juga bisa jadi alternatif. Ingatlah untuk menggunakan semburan pendek. Jika terlalu lama, kondensasi dapat terbentuk di bawah tombol.

Oleskan sedikit alkohol isopropil 90% -100% ke kapas (jangan tuangkan ke laptop). Mulailah menggosok keyboard. Jangan takut untuk menggunakan sikat gigi kering untuk mengatasi noda yang sempit. Gunakan juga cotton bud untuk membersihkan sela-sela keyboard.

Layar laptop perlu dibersihkan dengan benar dan semi-teratur. Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan layar. Jangan gunakan handuk kertas atau lap untuk membersihkan layar laptop. Mereka bisa meninggalkan debu dan dapat menggores layar. Jangan gunakan alkohol, cuka, pembersih kaca (atau gelas), atau bahan kimia pembersih apa pun.

Pertama, matikan laptop dan tunggu hingga layar mencapai suhu ruangan. Jika sangat berdebu, berikan beberapa semburan udara bertekanan pendek ke samping. Lalu, ambil kain mikrofiber bersih dan usapkan pada layar dengan gerakan horizontal atau vertikal yang lembut. Jangan mendorong dan jangan membuat gerakan melingkar. Jika tidak, kamu berisiko meninggalkan noda atau goresan melingkar. Tekanan ringan dan gerakan lebar sangat ideal.

Sponsored


Jika layar keras dan berminyak, basahi sedikit kain mikrofiber dengan air dan gunakan gerakan menyapu dan tekanan ringan yang sama seperti yang baru saja kita bahas. Jika layar terlalu lembap, keringkan perlahan dengan kain mikrofiber kering.

Tidak seperti keyboard dan layar laptop yang halus, casing laptop dapat lebih kuat. Pastikan untuk menghindari bahan kimia keras, dan jangan pernah mengoleskan cairan langsung ke laptop. Semua larutan pembersih ada di kain mikrofiber, bukan di laptop itu sendiri.

Untuk pembersihan cepat, kamu dapat membersihkan casing laptop dengan berbagai solusi, tetapi sebaiknya gunakan kain mikrofiber dengan isopropil alkohol, atau air (jangan dicampur). Oleskan sedikit cairan pembersih ke kain dan bersihkan casing laptop. Pastikan untuk mengeringkan laptop dengan kain bersih setelah selesai.

Jika laptop tertutup oleh sisa stiker yang kotor, sekaranglah saatnya untuk membersihkannya. Cukup oleskan 90% -100% isopropil alkohol ke kain mikrofiber dan mulailah menggosok. Jika tidak lepas, coba gunakan sedikit cairan penghilang stiker. Jangan gunakan pengering rambut untuk menghangatkan stiker karena panas dapat merusak laptop.

Touchpad merupakan bagian yang sering disentuh. Touchpad yang kotor tidak hanya dapat memengaruhi tampilan laptop, tetapi juga menyebabkan jari lengket atau respons yang tidak menentu. Untuk membersihkannya, pastikan untuk mematikan laptop.

Basahi kain sedikit dengan air suling. Oleskan kelebihan apa pun ke kain kedua atau bagian kering dari kain yang sama. Gosok touchpad dengan tekanan ringan untuk menghilangkan kotoran. Keringkan dengan kain kedua.

Campurkan satu bagian air suling ke satu bagian isopropil alkohol dalam mangkuk atau cangkir untuk larutan pembersih yang lebih kuat jika perlu. Basahi kain dengan larutan dan gosok touchpad dengan tekanan ringan. Lap kering dengan kain kedua.

Cara membersihkan laptop pada bagian speaker bisa dibantu dengan alat vakum khusus. Cara termudah untuk menghilangkan remah-remah dan kotoran di speaker adalah dengan menyedotnya. Namun, pastikan penyedot debu tidak memiliki daya isap yang terlalu besar yang akan merusak komponen interior laptop.

Sponsored


Mulailah dengan menggunakan penyedot debu untuk membersihkan kisi-kisi logam yang menutupi speaker. Gunakan vakum setidaknya selama 15 hingga 30 detik. Setelah selesai, gunakan kain microfiber basah untuk membersihkan bagian luar speaker laptop.

Port USB dirancang untuk menerima perangkat eksternal seperti kamera digital, modem, printer, pengontrol permainan, dan banyak perangkat lainnya. Port USB juga cenderung menjadi berdebu dari waktu ke waktu karena puing-puing yang mengambang di udara. Ketika port USB menjadi kotor dan tersumbat oleh serpihan, port tersebut dapat mengalami korsleting saat membaca data atau tidak berfungsi dengan benar.

Untuk membersihkannya, ambil potongan besar serat, kotoran, atau debu yang dapat dilihat secara visual tersangkut di port USB komputer laptop. Tiupkan udara bertekanan ke dalam port USB untuk mengeluarkan kotoran atau debu yang menempel. Saat meniupkan udara terkompresi ke dalam port USB, jaga agar kompresor tetap miring agar larutan cairan tidak keluar dari kaleng. Juga, singkirkan puing-puing dari port USB alih-alih lebih dalam ke dalamnya.

Celupkan kapas ke dalam botol alkohol dan gosok perlahan pada kontak USB di port. Ini akan membersihkan port USB dari kotoran dan residu yang terkumpul di dalamnya. Setelah beberapa saat, kotoran dan residu yang terkumpul pada sambungan listrik port USB akan menurunkan sambungan.

Sponsored


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Agan Rudy
baru saja membeli Akun Twitter Lawas 1 hour ago   Completed by Toko Anda