Ini Teknik Menggoreng Tanpa Minyak yang Antikolesterol

Makan gorengan tidak baik untuk kesehatan karena bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, seperti jantung hingga kanker. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu teknik menggoreng tanpa minyak yang lebih sehat, yakni dengan air fryer dan oven.

Menggoreng tanpa minyak bisa menjadi pilihan memasak yang sehat. Apalagi kini seiring pandemi, masyarakat semakin memperhatikan cara mengolah makanan demi kesehatan.

Memasak dengan minyak goreng memang memiliki keunggulan, seperti membuat rasa makanan jadi lebih garing dan renyah.

Namun di sisi lain, minyak goreng juga mengandung lemak jenuh yang meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti jantung, kanker, diabetes, hingga obesitas.

Sama halnya ketika Anda mengganti minyak goreng dengan sumber lemak ebih padat, seperti mentega atau margarin, yang sama-sama mengandung lemak jenuh. Oleh karena itu, menggoreng tanpa menggunakan minyak atau tambahan lemak jenuh lain adalah alternatif yang baik bagi Anda ketika ingin menerapkan pola makan sehat.

Sponsored

Menggoreng tanpa minyak, bagaimana caranya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menggoreng adalah memasak kering di wajan atau kuali dengan menggunakan minyak. Lalu, bagaimana mungkin menggoreng dilakukan tanpa minyak?

Dalam hal memasak, teknik menggoreng tanpa menggunakan minyak yang dimaksud adalah mengolah makanan agar bentuk akhirnya mirip dengan makanan yang digoreng, yakni berwarna kecokelatan dengan tekstur garing dan renyah.

Namun, hasil akhir dari metode ini tidak akan mengandung banyak lemak sehingga terbilang aman untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi.

Teknik menggoreng tanpa minyak pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

1. Menggunakan air fryer

Perkembangan teknologi telah memungkinkan Anda untuk menggoreng tanpa minyak, yakni dengan menggunakan alat bernama air fryer. Alat ini biasanya berbentuk kotak atau oval dan seukuran alat pembuat kopi sehingga bisa diletakkan di atas meja.

Untuk menggoreng dengan alat ini, Anda hanya harus meletakkan bahan masakan ke dalam keranjang yang tersedia, kemudian menekan tombol, dan menunggu beberapa saat hingga masakan matang. Prinsip kerja air fryer atau penggorengan tanpa minyak ini mirip dengan oven, yakni memanaskan makanan hingga suhu 200 derajat Celcius.

Keunggulan air fryer

Ketika makanan dimasak, minyak yang terkandung di dalam bahan tersebut akan jatuh di wadah bawah sehingga hasil akhir makanan yang dihasilkan bakal kering dan renyah, mirip seperti Anda menggoreng.

Penggunaan air fryer untuk menggoreng tanpa minyak pun memiliki beberapa keunggulan, seperti:

Mengurangi kalori hingga 80%

Berdasarkan riset, menggoreng tanpa minyak dengan air fryer akan mengurangi kalori makanan hingga 80% dibanding jika Anda menggoreng dengan minyak. Ini tentu kabar baik bagi para pejuang diet yang wajib mengurangi asupan kalori agar berat badan berkurang.

Mengurangi kandungan zat berbahaya

Menggoreng tanpa minyak terbukti mengurangi kandungan acrylamide dalam kentang goreng hingga 90%. Acrylamide adalah zat kimia yang bisa menjadi penyebab kanker.

Kekurangan air fryer

Meskipun demikian, air fryer juga memiliki beberapa kekurangan. Selain harganya yang masih mahal dibanding wajan dan kompor biasa, kekurangan air fryer antara lain:

  • Tekstur makanan jadi kurang garing
  • Makanan yang digoreng dengan air fryer tetap tidak terlalu garing bila dibandingkan dengan digorang menggunakan minyak, apalagi jika bahan makanan yang dimasukkan ke dalam keranjang terlalu penuh.
  • Ukuran yang kecil
  • Daya tampung air fryer memang terbatas. Jadi, Anda harus memasak berkali-kali bila ingin menghidangkan makanan untuk keluarga besar.
  • Kurang cocok untuk mengolah ikan

Menggoreng ikan dengan air fryer juga akan mengurangi kandungan Omega-3 yang di dalamnya. Padahal, Omega-3 adalah lemak baik yang justu bisa melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

Sponsored

2. Menggunakan oven

Teknik lain dalam menggoreng tanpa minyak adalah dengan bantuan oven. Di sini, Anda bisa mengolah lebih banyak bahan makanan dibanding dengan menggunakan air fryer, mulai dari nugget hingga ayam utuh (tergantung kapasitas oven).

Beberapa teknik menggoreng tanpa minyak menggunakan oven antara lain sebagai berikut ini.

  • Oleskan sedikit minyak di atas bahan makanan, kemudian panggang di oven.
  • Jika Anda tidak ingin menggunakan minyak sama sekali, oleskan buttermilk agar kelembapan bahan makanan tetap terjaga saat dipanggang di oven.
  • Bila Anda ingin memanggang donat, pastikan ia mengembang sepenuhnya di suhu ruang sebelum dimasukkan ke oven.
  • Untuk menambah kerenyahan, Anda dapat menambahkan tepung roti di permukaan makanan sebelum masuk oven.
  • Bahan makanan bisa dibakar atau ditumis tanpa minyak terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke oven.

Kenapa menggoreng itu tidak baik?

Semua makanan yang digoreng akan cenderung memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi daripada makanan yang diolah dengan cara lain. Ini karena saat menggoreng, makanan akan menyerap minyak goreng yang digunakan. Akibatnya, akan sangat mudah untuk membuat tumpukan lemak pada tubuh jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng juga akan menimbulkan sejumlah risiko kesehatan, seperti:

  • Asterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah
  • Obesitas
  • Diabetes melitus tipe 2
  • Penyakit kardiovaskular
  • Kanker ovarium, endometrium, hingga kanker ginjal

Bahkan, penelitian dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa makan gorengan, seperti ayam goreng dalam jumlah banyak dan sering dapat meningkatkan risiko terjadinya kematian akibat penyakit kardiovaskuler.

Proses menggoreng dapat menyebabkan terbentuknya akrilamid yang merupakan senyawa toksik penyebab kanker. Proses terbentuknya akrilamid terjadi akibat reaksi kimia antara gula dan asam amino asparagin. Senyawa akrilamid diduga memiliki asosiasi peningkatan kejadian kanker.

Sponsored


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Agan Rudy
baru saja membeli Akun Twitter Lawas 1 hour ago   Completed by Toko Anda